Mengolah data hasil ulangan (jumlah,rata-rata,rangking dan kelulusan) dengan cepat

Dengan adanya teknologi kita benar benar dimudahkan dan diringankan dalam setiap kegiatan kita . Misalkan saja kita yang setiap harinya bekerja dikantoran sekolah dan lain sebaginya tentu tidak asing dengan komputer sebagai alat bantu kita dalam meringankan pekerjaan dikantor diantaranya adalah penghitungan dan pengolahan data secara tepat efisien.
Untuk itu pada kesempatan ini kita akan membahas pengolahan nilai hasil ulangan atau ujian siswa dengan menggunakan rumusan microsoft exel.
Disini kita akan membuat pengolahan data pada hasil ujian siswa disekolah. Untuk itu kita akan belajar menghitung jumlah nilai, nilai rata-rata, ranking dan keterangan lulus atau tidak lulus siswa dalam menempuh ujian dengan menggunakan rumusan rumusan singkat pada microsoft office (excel)
langsung saja berikut cara- cara sebagai berikut.
Misalkan : buatlah data-data sebagai berikut


mengolah nilai,average,sum, menjumlahkan nilai,mengolah nilai, microsoft office,axcel
Selanjutnya kita buat rumusnya :
pada kolom Jumlah Nilai / Pada cell G6 ketikan rumus  =SUM(C6:F6)
SUM digunakan untuk menjumlahan dari cell C6 sampai sell F6,lalu  Enter dan kemudian tarik drag kebawah sehingga kita tidak perlu menuliskan satu persatu rumusannya.

Pada kolom Rata-Rata atau Pada cell H6 ketikan rumus =AVERAGE(C6:F6) kemudian tarik drag kebawah sehingga kita tidak perlu menuliskan satu persatu rumusannya.
AVERAGE untuk mencari nilai rata - rata dari cell(kolom) C6 sampai dengan cell(kolom) F6

pada kolom Kelulusan atau  Pada cell I6 ketikan rumus =IF(H6<6;”Tidak Lulus”;”Lulus”) 
kemudian tarik drag kebawah (ket : sebagai contoh siswa tidak lulus jika nilai dibawah enam)
Artinya: jika hasil nilai rata-rata siswa (yang di kolom H6) kurang dari 6, maka tidak lulus dan jika nilai di kolom H6 (rata-rata nilai siswa) lebih dari 6 maka siswa tersebut lulus. kurang lebih rumusan diastas membacanya seperti itu.

pada kolom Ranking atau Pada cell J6 ketikan rumus =RANK(G6;$G$6:$G$9) kemudian tarik drag kebawah
(ket : jangan lupa gunakan $ )
artinya pada kolom Rangking (cell J) akan membaca jumlah nilai tertinggi dikolom G6 (jumlah nilai) sampai kebawah kolom G9 (sejumlah banyak siswa.) jumlah nilai tertinggi akan menjadi peringkat pertama dan jumlah nilai terandah akan menjadi peringkat terbawah.

Kurang lebih hasilnya seperti berikut setelah kita melakukannya dengan benar.
cara menghitung peringkat, mencari kelulusan, rumus excel, rumus rangking, rumus kelulusan


Demikian pembahasan microsoft office (excel) mengenai pembahasan pengolahan data hasil ulangan atau ujian siswa secara cepat. Belajar dari Dekat yang kita Hadapi hingga Jauh yang kita Pandangi.




>
Previous
Next Post »
Thanks for your comment