Membuat kalender 2019 cdr. dengan cepat di corel x7



Assalamualaikum wr.wb. 
Salam sehat semua, alhamdulillah puji syukur kehadirat allah SWT, telah mempertemukan kita disini  untuk belajar bersama di blog belajar bersama, langsung saja kita mulai pembelajaran hari ini, pada pembelajaran hari ini kita akan belajar cara membuat kalender outomatis dengan menggunakan corelDrow X7.
Kalender merupakan penanda waktu yang dibutuhkan oleh setiap orang, hampir setiap rumah memerlukannya dan memilikinya.Iya memang memperolah kalender sangat mudah dan murah harganya untuk yang standar. Untuk itu alangkah baiknya jika kita bisa membuat dan menjulanya sehingga mendatangkan pengahsilan dari penjualannya.Banyak percetakan mulai berlomba lomba membuat kalender yang menarik dan unik dengan mendesain sebgus mungkin untuk memenangkan pasaran.Maka dari itu sedikit ilmu untuk berbagi mengenai cara membuat kalender dengan corelDraw X7. berikut ulasan penjelasannya.

1. Untukmembuat kalender langkah pertama keluarkan dulu icon kalender di menu caranya: klik            kanan pada samping menu bar seperti contoh:
    gambar kemudian-pilih Customize- Menu Bar-dan properties

2. Kemudian pilih /klik Commands  trus pilih / klik  file yang tanda merah lalu pilihnya macros (lihat gambar)- lalu muncul menu klender, lihat gambar

3.  Kemudian klik icon kalender /drag langsung (pilih satu cara) lalu ok lihat gambar (cara drag ) lalu tempatkan disisi menu Bar seperti contoh berikut:
4.  setelah menu icon kalender berhasil kita keluarkan, maka langkah berikutnya adalah
    Klik 2 kali lalu kita masuk pada menu kalender seperti contoh berikut : lihat gambar
  yang di beri tanda merah icon All ( untuk mencentang semua kalender dari januari - desember untuk dibuat) kalau hanya 1 atau 2 saja maka yang akan muncul hanya 2 bulan saja. dan yang dilingkari berikutnya adalah laguage sudah jelas bahasa ya, ya betul tetapi disitu tidak ada indonesia, kalu inging menggunakan bahasa inggris atau lainya, kita bisa langsung saja menyeting kalender tersebut, tapi jika ingin membuat bahas indonesia bisa kita buat menggunakan New (yang dilingkari merah)
berikut laknah selanjutnya

5. Setelah kita klik New membuat kalender baru dengan bahasa indonesia maka kita harus menuliskan judul dan  nama - nama bulannya dan harinya seperti contoh berikut : lihat gambar
setelah menuliskan semua dengan bahasa indonesia dan harinya ( jika ingin disingkat maka ditulis sikatanya tapi jika tidak ingin dengan singkatan maka tidak usah di isi.
setelah itu klik add/modify (yang di tandai merah) maka akan muncul bahasa indonesia. Lalu clos dan kembali lagi ketampilan awal seperti no 4. lalu tingal pilih di language kalender indonesia yang sudah kita buat. dan klik lalu baru kita seting kalendernya dengan cara berikut

6. Setelah berhasil membuat kalender dengan bahasa Indonesia, langkah berikutnya adalah membuat hari libur yang berlaku diIndonesia dengan cara lihat gambar : klik  Holidays  lalu akanmuncul seperti berikut : 

 Pilih Bulan apa saja yang ada hari liburnya dan tanggal berapa saja lalu tuliskan jenis liburnya di kolom nama (menuliskannya satu persatu tiap tanggal) lihat contoh : tanggal 1 januari  tahun baru M 2019 ( lalu klik Add/modify )
Untuk menuliskan bulan, hari dan jenis libur apa kita bisa cari digoogle "liburnasional.com"
atau uduh link berikut (kebetulan belajarbersama sudah mendapatkanya) cara unduhnya klik link dibawah ini dan automatis akan membawa ke link unduhan tunggu beberapa detik dan klik visit link 



7. Setelah kita tuliskan semua hari libur, langkah berikutnya adalah menyeting jenis huruf besar kecil dan lainnya. namun lebih bagusnya kita edit jenis huruf besar kecilnya huruf di layar korelDraw seperti kita mendesain biasa. untuk itu kita bisa  klik Generate lihat gambar
Automatis selesai dan tampil di layar corelDraw x7 lalu close (x) pada tampilan kalendernya

8.  Setelah muncul di layar kita bisa edit semua jenis huruf dan baground serta tampilannya di corelDraw sehingga bisa leluasa mengeditnya. menambahkan foto untuk baground dan lainya.

Demikian pembelajarankita hari ini semoga bermanfaat 
Berikut hasil dari editan kalender yang sudah dibuat, bisa dimanfaatkan lebih lanjut dalam editan kita masing masing. kalender tersebut juga hasil dari teman - teman yang sudah berbagi , terimakasih yang berbagi kalender, untuk itu tidak ada salahnya kita juga bagikan lagi berikut Link  yang bisa 
di unduh file kalender formas cdr. (coreldraw versi 12) yang bsa digunakan di ersi yang lebih tinggi





>
Previous
Next Post »
Thanks for your comment