Cara Cepat Membuat tabel dan Daftar Isi di MS Word



Hanya ada beberapa langkah untuk membuat tabel yang disertai dengan kolom dan baris yang bisa kita atur sendiri jumlahnya. Sebenarnya sudah disinggung sebelumnya, hanya saja di sini dibuat lebih lengkap penjelasannya biar lebih mudah dipahami. Berikut langkahnya (ikuti berdasarkan nomor) :
  1. Klik menu Insert
  2. Klik ‘Table” yang ada di urutan ke 4 dari deretan icon yang ada.
  3. Goyangkan atau lewatkan mouse di atas kotak-kotak kecil yang muncul untuk mengatur jumlah kolom dan barisnya. Dan jika sudah pas, tinggal klik sekali.
  4. Setelah tabel muncul tinggal atur lebar kolom dan barisnya dengan cara arahkan kursor pada bagian atas garis persis hingga muncul tanda panah yang slaing bertolak belakang (jika belum usahakan hingga kursor persis berada di atas baris). Jika sudah langsung klik dan tahan lalu geser sesukita.
  5. Jika sudah diatur lebarnya, tinggal mulai menulis dengan cukup klik sekali dalam kolomnya.
Membuat Daftar isi di Ms. Word 

Jika kita buat makalah atau tugas sekolah maka sering sekali menampilkan daftar isi di dalamnya kan. Nah kita kan sering liat ada titik-titik sebelum angkanya? Kalau bisa jangan dibuat manual tapi secara otomatis aja, biar lebih rapi.
Cara ini dilakukan jika misalnya semua halaman sudah siap dan judul dari setiap bab dan pembahasannya sudah ditambahkan pada tiap halaman. Karena jika tidak maka cara ini tidak bisa berjalan.
  1. Pertama pada tiap halaman atur dulu jenis Heading-nya, apakah menggunakan Heading 1, 2, atau 3. (Lihat di bagian menu Home).
  2. Selanjutnya pada halaman khusus daftar isinya juga diatur Headingnya sesuai di tiap halaman.
  3. Berikan juga halaman pada tiap halamannya lewat “Insert” >> “Page Number
  4. Berikutnya klik menu “References” lalu “Table of Contents
  5. Plilih “Automatic Table 1” atau 2 maka secara otomatis akan langsung muncul titik-titik dengan angka dibelakangnya.
>
Previous
Next Post »
Thanks for your comment