cara membuat Gapura Tenda


Selam sahagia semua, Menindaklanjuti tentang pembelajaran CorelDrow dengan powerpoint dan rectangle tool,shape tool kini kita akan menggambarkan atau mendesain sebuah gapura pramuka sederhana dengan tekhnik yang masih sama dengan kemarin.

1. Pertama kita siapkan dulu ukuran dan model gapura yang akan kita buat, setelah itu kita buat dulu kotak kecil dengan rectangle tool dari bawah. contoh :

2. Pilih Shape tool dan tarik ujung kotaknya seperti contoh berikut:
3. lalu kita bisa ubah ukuran outlinenya atau garisnya diperbesar, dengan klik Outline ujung atas seperti contoh dan rubah ukuranya sesuaikan

4. Kemudian beri warna di ujung menu panel kiri dan buat duplikat dengan tekan tanda " + " pada keyboard atau tarik geser dan klik kanan, sehingga jadi dua, seperti contoh satu diperkecil

5. Sekrang kita tinggal membuat kotak bagian atasnya caranya sama, buat dengan rectangle tool contoh: letakan diatasnya


6. Kemudian sekarang kita tinggal memasukan gambar yang sesuai dengan keinginan kita, disini kita menggunakan gambar batuan alam yang ada di google, ambil dan drag atau tarik ke corelDraw, lalu kita masukan kekotang menggunakan Power Clip , seperti contoh: di CorelDraw x17 yang kami gunakan power clip berada pada object, sedangkan pada corelDraw x 14 (x4) power clip berada pada menu Effects.


7. Arahkan dan edit sesauikan sehingga jadi kurang lebihnya sampai seperti berikut
8. setelah itu kita tinggal copy paste dengan cara geser klik kanan objek yang akan kita copy paste, untuk bagian atas dengan bentuk lebih kecil sehingga kurnag lebih seperti ini
9. sekarng kita akan membuat bagian atas dengan cara yang relatif masih sama, kita buat lagi denga rectangle tool satu kotang panjang satunya dengan lekuk bagian ujungya seperti contoh berikut :
10. lalu beri warna dan yang sama dan bagian yang lengkung ujungnya kita taruh di bagian bawah kotak panjang contoh dengan cara klik kanan pada kotak lengkungnya kemudian order - To Back of Page .

11.  sehingga kotak yang lengkung letaknya berada di bawah kotak panjang sehingga hasilnya kurang lebih seperti ini.

12. Kemudian kita letakan diatasnya dan duplikat menjadi dua, sehingga kurang lebih hasilnya seperti berikut ini

Demikian pembelajaran mengenai CorelDraw dengan menggunakan Rectangle tool , PowerClip ,Shape tool dan out line, semoga bermanfaat bagi kita semua. " Belajar Bersama dari Dekat yang ada di Sekitar hingg Jauh yng kita Pandang "


untuk menambahkan logo berikut link yang bisa kita unduh

I Download logo Pramuka I

dan hasil gambar PNG

I Download Gapura PNG I



>
Previous
Next Post »
Thanks for your comment