Membuat Logo 17 agustus 2017 dengan CorelDrow

Mengenal menu CorelDrow

menurut saya CorelDrow merupakan cikal bakal atau dasar dalam membuat suatu karya seni yang indah, misalkan saja banyak yang membuat sebuah rancangan melalui corel drow, baik animasi 2 dimensi atau 3 dimensi, merancang konsep warna pakaian dan pola bakaian serta logo. banyak yang menggunakan corelDrow dalam membuat sebuah logo, sebab menu - menu yang terdapat pada corelDrow sangat bervariasi, seperti contoh menu shape Tool, freehand tool, rectangle tool, croop tool, interactive tranparancy tool  , interactive fill tool, dan lain sebagainya, masih banyak yang belum disebutkan.
Dalam hal ini kita akan membahas tentang menu shape tool, freehand tool dan retangle tool untuk membuat logo, tapi sebagai latihan kita terlebih dahulu meniru atau menjiplak logo yang sudah jadi JPEG, dirubah kembali menjadi file grafis, sehingga ketika kita gunakan dalam bentuk yang sangat besar hasil cetak tidak akan pecah,pudar atau kurang bagus hasilnya.
Contoh kita akan meniru logo 17 agustus 2017 untuk kemerdekaan indonesia yang ke 72
1. Ambil logo yang akan kita tiru cotoh logo 72 RI 2017, kemudian tuliskan dahulu angka 72 dan kita cari huruf yang persis dengan  logo 72, disinia aku menggunakan huruf atau font Agoestoesan, hampir mirip font nya, kalau di komputer belum ada font seperti itu, bisa download dulu di google. kemudian kita pisahkan fontnya sehingga angka 7 dan 2 terpisah karena kita akan menirunya satu persatu, dengan cara : tekan CTL+(huruf K)



2. kemudian kita posisikan akan 7 ke logo, lalu angka 7 kita convert to curves- 
    hilangkan wrnaya agar kita bisa mngikuti bentuk nya, dengan cara : Klik kanan pada warna hitam dideretan warna-dan Klik kiri pada silang warna paling atas deretan warna.sehingga seperti contoh



 3. Kemudian kita gunakan menu shape tool di deretan menu kiri seperti contoh berikut:
sehingga terlihat node ( titik-titik) kita klik dan tarik posisikan node nya agar mengikuti bentuk logo yang akan kita tiru, bila ada node yang berlebih, kita bisa hapusnya  dan jika ada yang kurang kita  bisa menambahnya (add nodes )di atas warna ijo ada + nya, seperti contoh gambar, dan di setiap node atau titik ada dua ujung panah, ujungnya kita klik tahan dan bisa kita lekukan sesuaikan dengan lekukan logo yang akan ditiru, jika di setiap node ujung panahnya ikut bergerak semua kita bisa gunanakan " Make Node A Cusp " seperti contoh gambar sehingga ujung panahnya tidak bergerak semua.



 4. lakukan hal yang sama pada angka 2 nya,sehingga hasilnya kurang lebih seperti ini
5. kemudian untuk membuat lekukan yang menutup diatas angka 7 kita bisa gunakan rectangle tool ( kotak ) untuk memotong / mengcopi sebagain lekukan angka 2, terlebih dahulu kita copy atau duplikat angka duanya seperti contoh
 6. setelah duplikat taik kotak (retangle tool) di lekukan angka dua yang akan kita copy
 7. setelah di posisikan kotaknya ke angka 2 seperti no.6, sekarang kita potong  dengan cara: klik kotaknya terlebih dahulu kemudian tekan SHIFT (tahan) dan klik angka duanya dan muncul pilihan potongan diatas, lalu pilih" INTERSECT" seperti gambar diatas dan kalu sudah hasilnya sepeti dibawah.
 8. lalu pindahkan hasil potonganya arahkan ke logo  biri warna untuk membedakan sementara

 9. setelah di beri warna putar hasil potongan tadi  dena klik dan klik lagi sampai muncul arah panah disekelilingnya, lalu di ujung lekukan kita klik tahan dan puter dengan sasmbil menekan CTRL agar putaranya tidak berubah lalau sesuaikan dengan lekukan logo. gunakan lagi shape tool untuk memposisikan  node nya atau titik-titknya agas sesuai dengan lekukan di logo.
10. Kalau sudah hasilnya kurang lebih seperti di bawah ini, kita beri warna hijau untuk membedakan sementara, langkah berikutnya kita akan membuat garis putih di tengah angka 2 nya.

11. untuk membuat garis di tengah angka 2 kita gunakan " freehand tool "  seperti contoh kita hilangkan lagi warnanya dengan klik silang diantas deretan warna sehingga seperti contoh
 12.  Stelah kita klik Freehand tool, langsung kita arahkan dan ikuti garis putihnya menggunakan freehand tool klik dan tahan untuk mengambarnya (lakukan seperti kita menggambar dengan pinsil di kertas ) lihat contoh di bawah
 13. setelah stau lekukan selesai lakukan lagi pada lekukan yang panjang di angka 2 nya sampai ekor angka 2, jangan takut menceng biarkan saja, nanti kita bisa perbaiki menggunakan "shape toop" lagi seperti pertama
14. Terus rapikan dengan " shepe tool " kurang lebih sampai hasilnya sepeeti ini
 15. kalau sudah , garis tengah di no 2 tadi masih kecil kita bisa perbesar menggunkan "out line"  pada ujung bawah kanan atau kita bisa gunakan " tekan F12 dan akan muncul ukuran outline nya
16. Di tabel out line kita bisa perbesar out line dengan menambahkan angka pada width klik rol bawahnya atau tangbahkan langsung angkanya lihat bedanya jangan terlalu besar dan kecil sesuaikan .

17.  Setelah selesai kurang lebih hasilnya seperti ini, bila kurang rapi lekukanya bisa gunakan "shape tool" bila kurang besar outline bisa perbesar kembali sampai sesuai.

Demikian contoh penggunaan shape tool, bisa kita gunakan untuk meniru logo yang sudah jadi sehingga logo tersebut menjadi grafis, sehingga bisa di perbesar dalam ukuran besar tanpa pecah ngeblur atau lainya. karena sudah menjadi vektor/grafis. Soga bermanfaat dan bisa digunakan untuk membuat logo sendiri, tpi untuk membuat logo sendiri alangkah baiknya di kinsep dulu kemudia kita scan baru kita jadikan grafis di CorelDrow. terimakasih smoga menambah ilmu kita. " Belajar Bersama dari yang Dekat di Hadapan kita hingga yang kita Pandang  dan Jauh "


>
Previous
Next Post »
Thanks for your comment